Siska Manik

Siska Manik
kalo nulis jangan di atas kaca, nulis di atas meja, teman - teman yang berkunjung ke blog saya jangan lupa tinggalin jejaknya .... ^_^

Kamis, 31 Mei 2012

Cara Biar Komputer Anti Lelet

Cara Membuat Komputer Anti Lelet Image
  1. Mengabaikan Minimum Hardware Requirements, ketika menginstal  suatu aplikasi.
    Semua software / aplikasi mempunyai spesifikasi minimal hardware komputer yang diperlukan agar aplikasi tersebut dapat berjalan normal.  Dan kita ingat itu adalah spesifikasi minimal , jadi agar aplikasi tersebut bisa berjalan optimal spesifikasi komputer kita harus lebih tinggi dari system requirement  aplikasi tersebut.
  2. Overheating pada komponen hardware, beberapa komponen hardware yang sering terjadi overheat adalah Processor, Mainboard, VGA Card dan Power Supply. Overheat pada komponen hardware tersebut bisanya terjadi  karena tidak optimalnya kerja system pendingin (misalnya fan Processor),  komputer ditempatkan di ruangan yang memang mempunyai temperatur cukup tinggi atau bisa juga karena komputer yang dioperasikan 24 jam nonstop.
  3. Live time, hardware komputer juga tidak bisa melawan usia, terutama untuk komponen kapasitor pada mainboard dan hardisk. Secara umum komputer yang telah beroperasi diatas 5 tahun sudah saatnya diupgrade atau diganti baru.
  4. Terlalu banyak software yang diinstall, banyak proses yang berjalan di background, terdapat virus, malware dan spyware yang memakan resource Processor dan Memory yang pada akhirnya dapat menyebabkan komputer kita terasa sangat lelet.
Setelah kita mengetahui beberapa penyebab umum komputer menjadi lelet, maka saatnyalah sekarang kita mempersiapkan  dan melakukan beberapa langkah tune up windows untuk membuat komputer anti lelet.
  1. Ketahui spesifikasi komputer kita, jangan ragu untuk meng-upgrade komponen terutama untuk RAM yang masih dibawah 1 GB.  Apabila anda berminat membeli komputer baru, menurut saya spesifikasi minimal saat ini adalah komputer sekelas Intel Core 2 Duo, RAM DDR3 2 GHz,  Hardisk SATA 250 GB dan 530 Watt Power Supply.
  2. Bersihkan komponen hardware, buka casing CPU dan bersihkan debu yang menempel pada mainboard, fan dan peripheral lainya dengan menggunakan sikat halus dan vacum cleaner.
  3. Bila memang spek komputer kita pas-pasang instal-lah program yang benar-benar diperlukan saja. Ada baiknya juga untuk menggunakan program alternative yang mempunyai ukuran kecil dan tidak memakan banyak resource, diantaranya adalah:
    • Open Office,  untuk membuka dan mengedit dokumen
    • Foxit Reader, untuk membaca dokumen PDF
    • Opera Mini, untuk browsing  lebih cepat dan aman
    • 7 Zip untuk membuat dan membuka file kompresi
    • VLC Media Player untuk menjalankan file multimedia
  4. Bersihkan komputer dari virus, spyware dan malware dengan virus scanner seperti misalnya Norman Malware Cleaner, lalu install antivirus yang tidak memberatkan komputer, saya sendiri menggunakan avast free antivirus dan pastikan selalu update.
  5. Disable Automatic Update pada windows, sebagai gantinya download security update dan hotfix terbaru menggunakan Windows Update Downloader dari windowsupdatesdownloader.com
    Cara Membuat Komputer Anti Lelet Image
  6. Disable windows services yang tidak digunakan, caranya adalah sbb:
    • Klik start – run – ketik: services.msc
    • Double klik pada service yang tidak dipakai, pada pilihan start up type pilih disable
    • Beberapa service windows yang bisaanya tidak terpakai diantaranya : Alerter, Clipbook, Distributed Link Tracking Client, Fast User Switching, Help and Support , Indexing Service, IPSEC Services,  Netmeeting Remote Desktop Sharing,  Portable Media Serial Number,  Remote Desktop Help Session Manager, Remote Procedure Call Locator, Remote Registry, Remote Registry Service, Secondary Logon, Routing & Remote Access, Server,  SSDP Discovery Service , Telnet,  TCP/IP NetBIOS Helper,  Upload Manager, Universal Plug and Play Device Host, Wireless Zero Configuration (bagi yang tidak menggunakan wireless device).  Untuk komputer yang tidak terhubung ke jaringan disable juga
      komputer Browser, Messenger, Windows Time .
      Cara Membuat Komputer Anti Lelet Image
  7. Matikan beberapa aplikasi yang berjalan otomatis saat windows startup. Saya menggunakan tools Start Up Control Panel untuk mengontrol program apa saja yang perlu atau tidak perlu di load saat windows start up. Download programnya di www.mlin.net/StartupCPL.shtml, lalu jalankan dan disable beberapa service yang tidak diperlukan
    Cara Membuat Komputer Anti Lelet Image
  8. Matikan System Restore pada beberapa partisi atau keseluruhan drive. Selain dapat meningkatkan kecepatan windows, mendisable fitur ini akan menghindari  boomerang yang terjadi karena adanya virus yang bercokol di file-file restore point.
    Cara Membuat Komputer Anti Lelet Image
    • Caranya: klik kanan icon My komputer – klik Properties – klik tab System Restore – check  
    • Turn off system restore
  9. Bersihkan desktop dari shortcut dan file yang tidak sering terpakai. Untuk menyimpan file data sebaiknya simpan di folder atau drive tersendiri. Gunakan wallpaper yang tidak memakan banyak resource memory atau gunakan saja background warna pada tampilan desktop.
  10. Atur Visual Effects for Better Performance,
    • Caranya: klik kanan My komputer – klik Properties – klik tab Advance – pada menu Performance pilih setting,
      pada tab visual effect pilih Adjust for best Performance.
      Cara Membuat Komputer Anti Lelet Image
  11. Bersihkan temporary file yang ada dilokasi C:Documents and Settings-namauser-Local Settings-Temp dan C:Windows-Temp
  12. Jalankan Disk Cleanup Wizard untuk meng-compress old file dan membersihkan file-file yang tidak diperlukan.
    • Caranya klik startrun – ketik : cleanmgr Cara Membuat Komputer Anti Lelet Image
  13. Jalankan Disk Defragmenter secara teratur untuk merapikan kembali data-data yang tersimpan pada hardisk.
    • Caranya klik startrun – ketik : dfrg.msc
      Cara Membuat Komputer Anti Lelet Image
  14. Jalankan tools Checkdisk untuk memastikan struktur file dan direktory pada hardisk bebas dari error.
    Cara Membuat Komputer Anti Lelet Image
    • Caranya : Buka Windows Explorer, Klik kanan pada hardisk yang aka di scan, pilih Properties,  pilih tab Tools, pilih Error Checking, klik Check Now.
    • check Automatically fix file system errors dan Scan for and attempt recovery of bad 
    • sector
  15. Install ulang Windows dan Aplikasi.  Apabila dirasa komputer sudah terlalu banyak masalah, inilah jurus terakhir yang dapat kita lakukan untuk membuat komputer kita kembali ke performa awal, selamatkan semua data ke partisi atau hardisk yang lain lalu mulai lagi semuanya dari awal, reinstall Windows dan program aplikasi lainnya.
Demikianlah sedikit cara perawatan dan tune up windows untuk membuat komputer kita selalu bekerja optimal alias anti lelet.  Dalam artikel ini saya masih menggunakan sistem operasi Windows XP, meskipun beberapa tips diatas pada prinsipnya dapat juga diterapkan pada OS yang lain.
Semoga bermanfaat!

Cara memberi pasword pada folder

Hallo sobat, apa kabar? kali ini saya akan sharing tutorial Komputer tentang Cara memberi Password pada folder. Mungkin beberapa dari kalian menganggap memberi password pada folder dapat dikatakan penting. Karena untuk kalian yang ingin menyimpan Dokumen / foto / lainnya yang berstatus rahasia tanpa di buka orang lain. Cara yang saya share kali ini tidak menggunakan Software, jadi lebih mudah. Berikut langkah - langkah memberi Password pada folder:

1. Buka program Notepad
2. Copy kode di bawah ini dan pastekan di notepad yang sobat buka tadi

cls@ECHO OFF
title Folder Locker
if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure u want to Lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to Unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%==password kamu goto FAIL
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Locker created successfully
goto End
:End
Gantu tulisan yang berwarna Merah dengan password yang kamu inginkan
3. Simpan file tersebut dengan klik Save As dan beri nama Lock.Bat
4. Tutup file tersebut, selanjutnya buka lagi file tersebut
5. Selanjutnya Buka lagi file tersebut dan akan keluar perintah untuk mengetik Password yang sobat inginkan
6. Klik lagi dan akan muncul perintah Do you want to lock the file Y/N
7. Kemudian ketik Y dan tekan Enter

berhasil kan? yasudah, sampai disini dulu ya. Selamat Mencoba!

Minggu, 27 Mei 2012

Cara Resetter Canon MP198 error E27

1. Printer dalam keadaan mati dan kabel listrik terpasang.
2. Tekan dan tahan STOP/RESET kemudian tekan dan tahan POWER.
3. Lepas tombol STOP/RESET (tombol POWER jangan dilepas)
4. Tekan STOP/RESET 2 (dua) kali, kemudian lepaskan tombol POWER
5. Biarkan Lampu Hijau blink / kelip2x sampai head printer berhenti bergerak. Dan LED panel menunjukkan angka NOL.
6. Komputer akan mendeteksi hardware baru, abaikan saja.....
7. Keadaan ini menunjukkan printer MP198 dalam keadaan SERVICE MODE dan siap direset.



1. Exctract File Resetter MP198.
2. Siapkan 2 kertas di printer (ini untuk print pada waktu proses reset)
3. Jalankan program Resetter MP198.


4. Klik "MAIN", maka printer akan berproses, kemudian MP198 akan print satu halaman dengan tulisan " D=000.0 dan ...."

5. Klik " EEPROM Clear ".

6. Kemudian klik " EEPROM ", dan printer akan print hasil Resetter MP198. Salah satu barisnya tulisannya sbb:
"TPAGE(TTL=00000 COPY=00000)"

7. Matikan Printer dengan menekan tombol POWER.

8. Selesai...

Selamat mencoba ... Semoga berhasil ..
 

Rabu, 16 Mei 2012

Perkedel Kelapa

Tadi pagi dapet resep aneh dari non linda, yang bikin aja ga tau namanya apa tapi sih bentuknya perkedel rasanya juga enak gurih2 gitu. mungkin buat orang jawa yang sering nemu makanan ini ga aneh, tapi buat aku aneh soalnya selama ini kalo perkedel yang aku tau itu dari kentang atau talas ini kelapa hhihi :)

Bahan  : 1/2 butir kelapa parut kupas bersih
              4 siung bawang putih
              2 siung bawang merah
              1 sdt ketumbar
              1/2 sdt lada hitam bubuk
              4 butir telur kocok lepas
              garam secukupnya

Cara membuat :

Kocok lepas telur, masukan bawang, merah, bawang putir, ketumbar yang sudah di haluskan, tambahkan lada bubuk, masukan garam secukupnya. tambahkan kelapa aduk.. aduk...

Panaskan minyak, goreng adonan yang di bentuk dengan scup ice cream atau sendok makan.
goreng hingga kering, angkat tiriskan, dan sajikan selagi hangat.

Gampang aja kannnnnnnn ^_^
             

Program Sewa DVD

public class if_Scanner_2
{
public static void main (String [] args){

sanner input=new Scanner (System.in);
int jumlah;
long harga=5000; // menentukan nilai harga
long denda=1500; // menentukan nilai denda
long harga_sewa;

System.out.print("Masukkan jumlah VCD/DVD yang disewa:");
jumlah=input.nextInt();
if(jumlah>5)
System.out.print("harga_sewa=harga*jumlah+denda);
else
System.out.print ("harga_sewa=harga*jumlah);
}
}

Tugas Program Masukan Nilai Ujian

Soal :

Menggunakan Inputan (Scanner)
dengan ketentuan

nilai>60                                            Nilai>=0                         Grade="E"
ket : lulus                                          Nilai>=59                       Grade="D"
else                                                  Nilai>=70                       Grade="C"
ket :                                                 Nilai>=80                       Grade="B"
gagal                                                Nilai>=90                       Grade="A"

Jawab :

Import java.util.Scanner; //Import java untuk fungsi meminta inputan
public class if_scanner_1 {
public static void main (String [] args){

Scanner input = new Scanner (System.in);
int nilai;
System.out.print("Masukkan nilai ujian (0-100):");
nilai = input.nextInt();
if (nilai>=60){
System.out.print("Lulus");
if(nilai>=90)
System.out.print("Grade=A");
else if (nilai>=80)
System.out.print("Grade=B");
else if (nilai>=70)
  System.out.print("Grade=C");
else if (nilai>=59)
  System.out.print("Grade=D");
else
System.out.println("Grade=E");
} else if (nilai < 60 ){
System.out.println ("Tidak lulus");
if (nilai>=59)
System.out.println("Grade=C");
else
System.out.println ("Grade=E");
} else
System.out.print("Inputan yang anda masukkan salah"); {untuk menghindari program error}
}
}


Menghitung Luas Menggunakan Scanner

Contoh 1.

Import java.util.Scanner;
class luas_segitiga_menggunakan_Scanner{
public static void main (String [] args){
int h, i;
Scanner S=new Scanner (System.in);

System.out.println("ini untuk h++ masukan nilainya:");

h=s.nextInt();
System.out.println("ini untuk ++i, masukan nilainya:");
i=s.nextInt();
System.out.println("hasilnya segini coy>>\n"+h++);
System.out.println("hasilnya segini coy>>n"+++i);
}
}

Contoh 2.


Import java.util.Scanner;
class luasbangun
{
public static void main (String [] args)
{
Scanner S=new Scanner (System.in);
Float luas, panjang, lebar, tinggi;
System.out.print ("Masukkan panjang?");
panjang=s.nextFloat();
System.out.print ("Masukkan lebar?");
lebar=s.nextFloat();
luas=panjang+lebar;
System.out.println ("Luas Persegi Panjang adalah"+luas);
}
}



Penggunaan Double Pada Input Java Scanner

Import java.util.Scanner;
class luas_segitiga{
public static void main (String[]args)
{
Scanner masukan = new Scanner (System.in);

Double luas,a,t;

System.out.print("Masukan alas:");
a=masukan.nextDouble();
System.out.print("Masukan tinggi:");
t=masukan.nextDouble();

Luas=0.5*a*t;

System.out.printf("jadi luas=%f\t",luas);

Ket : Tipe data yang di deklarasikan harus sama

Bedanya untuk %f = nilai terkecil adalah float dengan %

Selasa, 15 Mei 2012

Tipe data dan Operator pada java

Jenis standar tipe data yang digunakan dalam bahasa pemrograman Java terdiri dari:

Byte : tipe data dengan nilai 8 bit merupakan nilai integer dan memiliki nilai minimum -128 dan nilai maksimum +127. Byte merupakan tipe data yang cocok untuk angka-angka yang kecil dan untuk menyatakan nilai array sebuah tabungan memori.

Short: tipe data dengan nilai 16 bit merupakan nilai integer dan memiliki nilai minimum -32.768 dan nilai maksimum +32.767. sama halnya dengan byte, tipe data ini bisa digunakan untuk angka-angka yang kecil dan bisa dipakai untuk menyatakan nilai array yang cukup besar dari byte.

Int : tipe data dengan nilai 32 bit merupakan nilai integer dan memiliki nilai minimum - 2147483648 dan nilai maksimum +2147483647. Tipe data ini digunakan untuk nilai yang memiliki jangkauan besar. Dan jika kita menggunakan yang lebih besar lagi maka kita menggunakan long integer.

Long: tipe data dengan nilai 64 bit dan memiliki nilai minimum -9.223.372.036.854.775.808 dan nilai maksimum +9.223.372.036.854.775.807. tipe data ini digunakan untuk nilai yang lebih luas jangkauannya dengan tipe data int

Float:tipe data dengan nilai 32 bit, rentang nilainya nanti ada pembahasannya selanjutnya. Tipe data ini cocok digunakan pada nilai-nilai yang besar seperti halnya besaran nilai mata uang dan penggunaan tipe data ini menggunakan memory yang besar. Dan dalam kondisi ini kita menggunakan java.match.BigDecimal.

Double: tipe data dengan nilai 64 bit, rentang nilainya nanti ada pembahasannya selanjutnya. Tipe data ini mengandung nilai decimal dan tidak cocok untuk nilai-nilai seperti mata uang.

Boolean: tipe data yang memiliki dua buah nilai, yaitu true atau false (benar atau salah). Untuk besaran nilai tidak bisa di tetapkan.

Char: tipe data dengan nilai 16 bit kisaran nilai dari 0 (\u0000’) – 65535(‘\uffff’)


Secara garis besar operator dalam java bisa dikelompokkan menjadi :

1. Operator assignment

2. Operator aritmatika

3. Operator unary

4. Operator equality

5. Operator kondisional

6. Operator komparasi

7. Operator bitwise
1. Operator assigment adalah tanda = (sama dengan), berguna untuk memberi literal pada suatu variabel tertentu. Berikut contoh operator assigment :

int testInt = 0;

2. Operator aritmatika adalah operator yang digunakan untuk melakukan operasi aritmatika (perhitungan). Operator ini ada lima macam yaitu :

- Operator penambahan (+)

- Operator penguranan (-)

- Operator perkalian (*)

- Operator pembagian (/)

- Operator sisa – mod (%).

Berikut contoh penggunaan operator arimatika :

int hasil = 1 + 2; // hasil = 3
hasil = hasil – 1; // hasil = 2
hasil = hasil * 2; // hasil = 4
hasil = hasil / 2; //hasil = 2
hasil = hasil + 8; // hasil = 10
hasil = hasil % 7; //hasil = 3

Operator penjumlahan (+) bisa juga diterapkan pada objek string (seperti pada contoh penjelasan kelas String).

3. Operator unary meliputi operator unary positif (+) untuk menandakan suatu bilangan positif (setiap bilangan tanpa tanda negatif, berarti termasuk bilangan positif). Operator unary negatif (-) untuk menandakan suatu bilangan negatif. Operator unary increment (++), berguna menambah menambah literal bilangan dengan literal bilangan satu. Operator unary decrement (–), berguna mengurangi literal bilangan dengan bilangan satu. Dan operator unary komplemen logika (!), berguna untuk mengkomplemenkan suatu logika yang bernilai true atau false.

Berikut contoh penggunaan operator unary :

int hasil = +1; // hasil = 1
hasil–; //hasil = 0
hasil++; // hasil = 1
hasil = -hasil; // hasil = -1
boolean success = false; //success = false;
success = !success; //success =true;

4. Operator equality digunakan untuk membandingkan dua variabel, apakah nilainya sama, lebih besar, lebih kecil, lebih besar atau sama dengan, lebih kecil atau sama dengan dan tidak sama dengan. Operator-operator tersebut adalah sebagai berikut :

== sama dengan
> lebih besar
< lebih kecil
>= lebih besar atau sama dengan
<= lebih kecil atau sama dengan
!= tidak sama dengan

Berikut contoh pemakaian operator equality (contohnya dapat ngambil dari situs java.sun.com)

class ComparisonDemo {
public static void main(String[] args){
int value1 = 1;
int value2 = 2;
if(value1 == value2) System.out.println(”value1 == value2″);
if(value1 != value2) System.out.println(”value1 != value2″);
if(value1 > value2) System.out.println(”value1 > value2″);
if(value1 <>
if(value1 <= value2) System.out.println(”value1 <= value2″);
}
}

Outpun program tersebut sbb:

value1 != value2
value1 < value2
value1 <= value2

6. Operator kondisional digunakan pada dua atau lebih ekspresi boolean. Operator ini terdiri dari operator kondisional AND (&&) dan operator kondisional OR (||). Selain itu ada juga operator kondisional and (&) dan operator kondisional or (|). Bedanya pada operasional kondisional && dan || jika ekspresi sudah memenuhi syarat, ekspresi setelahnya tidak dicek, sedangkan pada operator kondisional & dan | akan mengecek seluruh ekspresi.

Berikut contoh penggunaan operator ini (contohnya ngambil dari situ sun juga) :

class ConditionalDemo {

public static void main(String[] args){
int value1 = 1;
int value2 = 2;
if((value1 == 1) && (value2 == 2))
System.out.println(”value1 is 1 AND value2 is 2″);
if((value1 == 1) || (value2 == 1))
System.out.println(”value1 is 1 OR value2 is 1″);
}
}

outpun program di atas adalah :

value1 is 1 AND value2 is 2
value1 is 1 OR value2 is 1

6. Operator komparasi digunakan untuk mengecek apakah suatu objek merupakan instance dari suatu kelas tertentu. Operator komparasi adalah operator instanceof. Jika suatu objek yang kita tes merupakan instance dari suatu kelas yang kita tentukan, ekspresi ini bernilai true, false jika sebaliknya. Berikut contoh sederhana pemakaian operator komparasi.

KelasA a = new KelasA();
KelasB b = new KelasB();

if(a instanceof KelasA)
Sytem.out.println(”objek adalah instance dari KelasA);

Karena a merupakan instance dari KelasA maka statement System.out.println(”objek adalah instance dari KelasA”) dieksekusi.


Identifier dan Variabel pada java

Apa itu Idntifier pada java ???

Identifier merupakan penamaan pada pemograman untuk variabel, konstanta, method, class dan package. Java merupakan bahasa pemograman yang case-sensitive (membedakan huruf besar dan kecil). Aturan penamaan identifiers dalam java adalah:
Dapat dimulai dengan huruf, underscore ( _ ) atau tanda $
Tidak boleh menggunakan simbol operator seperti : + - * / dan lain – lain
Tidak boleh menggunakan reserved words
Panjang Identifier beleh berapa saja.
Sebaiknya dalam penamaan identifier adalah sesuai dengan nilai atau data yang tersimpan di dalamnya. Misalnya saat kita ingin menyimpan data tanggal lahir, kita dapat membuat identifier dengan nama tanggalLahir.

Apa itu Variabel ?

Variabel adalah satuan dasar penyimpanan dalam program Java. Suatu variabel dapat bersifat lokal (sementara), misalkan variabel yang di dalam pengulangan for, atau dapat juga variabel instance yang dapat diakses oleh semua method dalam class. Benda atau sesuatu yang tersimpan di dalam variabel dinamakan nilai. Nilai dalam suatu variabel dapat berubah selama berjalannya program. Nilai yang tersimpan dalam suatu variabel tidak harus berupa bilangan. Kita dapat membuat variabel yang dapat menyimpan huruf. Jenis nilai yang tersimpan dalam variabel merupakan tipe variabel.

Menggunakan Variabel

Dalam Java, secara eksplisit kita harus mendeklarasikan variabel sebelum kita menggunakannya. Java secara eksplisit mengharuskan kita untuk mendeklarasikan variabel sehingga jika terdapat salah ejaan (misspell) dalam nama variabel, compiler akan menemukan kesalahan tersebut dan menampilkannya sebagai kesalahan compiler (compiler error).
Bagaimana Cara Mendeklarasikan Variabel?

Untuk mendefinisikan variabel tentukan tipenya terlebih dahulu lalu nama variabel tersebut lalu diakhiri dengan titik-koma karena pendeklarasian variabel merupakan sebuah bentuk pernyataan (statement). Bentuk dasar dalam mendeklarasikan variabel adalah seperti ini:

tipe nama;

Contohnya adalah seperti ini:

int panjang;

String namaLengkap;

double radius;

Di atas tadi merupakan bagaimana cara kita mendeklarasikan suatu variabel. Variabel dengan nama panjang akan menampung nilai integer, namaLengkap akan menampung nilai String, dan radius akan menampung nilai double (untuk tipe data akan dibahas pada bagian selanjutnya).


Mendeklarasikan Dua Variabel atau Lebih dalam Satu Statement

Kita dapat mendeklarasikan dua atau lebih (dengan tipe yang sama) dalam satu statement, dengan memisahkan nama variabel dengan koma. Contohnya adalah seperti ini:

int a, b, c;

Statement di atas tersebut akan mendeklarasikan tiga variable dengan tipe int, dengan nama a, b, dan c. Tetapi cara pendeklarasian variabel seperti di atas akan sedikit sulit dibaca oleh orang lain yang membaca program kita. Jadi lebih baik jika kita tidak mendeklarasikan dua atau lebih variabel dalam satu statement agar program kita lebih mudah dibaca dan di-maintain.


Mendeklarasikan Variabel Class

Variabel class adalah variabel yang dapat diakses oleh semua method di dalam class, termasuk static method seperti main. Ketika mendeklarasikan variabel class, ada dua aturan dasar yang harus diikuti, yaitu:

Menempatkan deklarasi variabel dalam blok class, tetapi tidak dalam method yang berada dalam class.

Kita harus memasukkan kata static dalam pendeklarasian variabel. Kata static ditempatkan sebelum tipe variabel.

Agar lebih jelas lihat contoh program di bawah ini:SayHello.java

public class SayHello
{
// declare class variable
static String helloMessage = "Hello Programmer";
public static void main(String args[])
{
System.out.println(helloMessage);
System.out.println(myNickNameIs);
}
// declare class variable
static String myNickNameIs = "ghaNOZ2480";
}



Bila Anda coba compile program tersebut maka muncul pesan error sebagai


berikut:SayHelloC.java

SayHelloC.java:5: cannot find symbol
symbol : variable helloMessage
location: class SayHello
helloMessage = "Hello, World!";
^
SayHello.java:6: cannot find symbol
symbol : variable helloMessage
location: class SayHello
System.out.println(helloMessage);
^
2 errors
Dapat kita lihat dari pesan error tersebut compiler tidak bisa menemukan variabel helloMessage, karena variabel tersebut baru dideklarasikan pada line ke-7, sedangkan statement yang berada pada baris ke-5 (dan juga baris ke-6) sudah menggunakan variabel tersebut.


Inisialisasi Variabel

Setelah variabel dideklarasikan, kita perlu memberinya sebuah nilai. Proses inisialisasi variabel ini secara eksplisit dilakukan dengan menggunakan assignment statement. Dalam assignment statement, variable yang akan di-assign selalu berada disebelah kiri dari tanda sama dengan (=). Bentuk umum dari assignment statement adalah sebagai berikut:

variabel = nilai;

variabel = ekspresi;


Contoh:Inisialisasi Variabel

...
int i;
i = 2480;
int luas;
luas = 20 * 5;
...

Pada statement terakhir diatas a diinisialisasi dengan nilai 5 dan b diinisialisasi dengan nilai 10, kedua variabel tersebut bertipe integer.

Kita juga bisa melakukan deklarasi sekaligus inisialisasi dalam satu statement, bentuk umumnya seperti ini:

tipe nama = nilai;

tipe nama = ekspresi;


Contoh:Inisialisasi Variabel

...
int i = 2480;
int luas = 20 * 5;
...
// or like this
int a = 5, b = 10;


Pada statement terakhir diatas a diinisialisasi dengan nilai 5 dan b diinisialisasi dengan nilai 10, kedua variabel tersebut bertipe integer.
Konstanta

Konstanta yang juga disebut variabel final, merupakan variabel yang nilainya tidak dapat kita rubah setelah diinisialisasi. Untuk mendeklarasikan konstanta, kita menambahkan kata kunci final pada pendeklarasian variabel:

final int JUMLAH_HARI = 7;


Meskipun kita dapat membuat variabel konstanta lokal, kebanyakan variabel konstanta merupakan variabel kelas atau instance. Untuk mendeklarasikan konstanta kelas, tambahkan static final pada pendeklarasian variabel:

static final JUMLAH_HARI = 7;

Cakupan Variabel (Variabel Scope)

Cakupan dari suatu variabel merupakan area dimana variabel termasuk (semestinya berada), hal tersebut ditentukan oleh area dimana variabel tersebut dideklarasikan. Dalam istilah sederhananya, setiap variabel ada (exists) di dalam blok dimana variabel dideklarasikan termasuk blok-blok yang dideklarasikan di dalam blok tersebut.
...
{ // awal blok ke1
// mendeklarasikan variabel di blok ke1
int variabelDiBlokKe1 = 2480;
{// awal blok ke2
// variabel di blok ke1 dapat diakses diblok ke2
System.out.print(variabelDiBlokKe1);
{ // awal blok ke3
// variabel di blok ke1 dapat diakses diblok ke3
System.out.print(variabelDiBlokKe1);
// mendeklarasikan variabel di blok 3
int variabelDiBlokKe3 = 2483;
} // akhir blok ke3
} // akhir blok ke2
} // akhir blok ke1
...

Dapat kita lihat pada potongan program di atas, variabel yang dideklarasikan diblok ke1 dapat diakses oleh blok ke2 dan ke3, itu karena blok ke2 dan ke3 berada dalam di dalam blok ke1. Tetapi sebaliknya dengan variabel yang dideklarasikan di dalam blok ke3 tidak akan bisa diakses dari luar blok3.

Referensi
Doug Lowe and Barry Burd, “Java All-In-One Desk Reference for Dummies, 2nd Edition”, Wiley, 2007.
Patrick Naughton, “The Java Handbook”, McGraw-Hill, 1996.
Barry Burd, “Beginning Programming with Java For Dummies, 2nd Edition”, Wiley, 2005.
Cay S. Horstmann and Gary Cornell, “Core Java 2: Volume I–Fundamentals”,
Prentice Hall, 2000.

Aneka Masakan Usus Ayam

Tadi malam linda anak yang kos di rumah aku bawa usus ayam sampe 2 kg, kira - kira di masak apa yah... ^_^. Berikur aneka masakan yang dapat di buat dengan bahan dasar usus ayam.

1. Usus crispy lada hitam saus asam manis


bahan  : 1 bungkus tepung sasa siap saji , 1 buah jeruk lemon untuk perasan, usus yang sudah di bersihkan tiriskan beberapa saat, lada hitam bubuk.

bahan saus  : 1 cup saus tomat, 1/2 cup saus cabai, 1 buang bawang bombay, 4 siung bawang putih, 1 sdt kecap ikan.

cara memasak : 

panaskan minyak remas2 usus pada tepung yang sudah di campur lada hitam, kemudian goreng, angkat dan tiriskan.

panaskan minyak, tumis bawang bombay, bawang putih, masukan saus sambal dan tomat, tambahkan garam dan gula secukupnya, tambahkan pula perasan jeruk lemon kira2 1 sdt tambahkan pula kecap ikan. tumis hingga harum terakhir masukan usus yang sudah di goreng crispy. siap untuk di sajikan

gampang ga pake ribet kan ^_^

2. Usus cabai Hijau

Bahan : 1/2 kg usus yang sudah di bersihkan, 7 buah cabai hijau besar, 5 buah cabai rawit hijau, 1 buah bawang bombay, 5 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 sdm kecam manis, 1 sdm kecap asin, 1/2 sdm garam, 1/2 sdm gula pasir, 4 buah kemiri, 1 sdm ketumbar, tomat.

Cara membuat :


Haluskan ketumbar, kemiri, bawang merah, bawang putih. panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah di haluskan, masukan irisan bawang bombay, irisan cabe hijau, irisan cabai rawit, kecap manis, kecap asin, tomat, masukan garam dan gula secukupnya. tuang usus yang sudah di goreng 1/2 matang. tumis dengan bumbu hingga meresap. Angkat dan sajikan.



3. Usus Ayam kering pedas


Bahan : 50 gram usus ayam rebus
            600 ML air
            1 sendok teh gula pasir
             Minyak untuk menggoreng/secukupnya
            1 sendok tek kapur sirih
            3 Lembar daun salam
            1 sendok makan air asam jawa


Bahan-bahan yang di haluskan:
7 buah cabai merah keriting
2 1/2 sendok teh garam
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
4 buah cabai merah besar

Cara membuatnya:
1. Rendam usus ayam rebus dengan kapur sirih selama 15 menit. Tiriskan kemudian goreng sampai kering. Angkat dan sisihkan.
2. Panaskan sedikit minyak, lalu tumis bumbu halus bersama daun salam, serai, dan daun jeruk sampai harum. Masukkan air asam dan gula pasir. Aduk dan masak sampai gula hancur.
3. Matikan api, kemudian masukkan usus goreng. Aduk sampai merata. Setelah dingin, simpan dalam wadah tertutup.


             
           

Senin, 14 Mei 2012

Ikhlas itu ga pake tapi

Ikhlas itu ga pake tapi, cuma sekedar kata-kata spontan yang keluar berawal dari seorang teman yang bersedekah tetapi di sela-sela ke ikhlasannya di embel-embeli dengan kata tapi... gw jd ga beli dress, tapi gw jd nunda ini.. nunda itu... 

Mungkin kebanyakan orang menganggap Sedekah itu harus Ikhlas. “Sedekah ... mulai sekarang, ga pake mikir, ga pake lama, ga pake nunda. Sedekah itu tidak apa - apa sedikit yang peting ikhlas dan ga pake tapi.


Ikhlas itu tidak tersanjung jika di puji, tidak tersungkur jika di caci.


Ikhlas berarti km nerima segalanya dgn lapang hati kesalahan dlm bentuk apapun yg sudah pernah terjadi.







Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More